December 31, 2016

Program Kerja Divisi

Bidang Kesekjenan

Bidang Kesekjenan dikepalai oleh Adinda Alnur A. Tujuan kerja dari Bidang Kesekjenan itu sendiri ialah menjadi pusat administrasi, pengarsipan, informasi, inventari, kontrol waktu dan dinamisasi sekretariat yang mewujudkan suasana kondusif dalam berkegiatan.

Bidang Kesekjenan terdiri dari Sekretaris, Divisi Media Informasi dan Teknologi, serta Badan Kesekretariatan dan Dinamisasi.

  • Sekretaris, memiliki tugas pokok untuk mengatur dan mengelola sistem administrasi dan pengarsipan. Aina Witenia Putri merupakan sekretaris pada kepengurusan kali HMP Berkibar. Program kerja yang dilaksanakan oleh Sekretaris ialah Administrasi dan Pengarsipan.
  • Divisi Media Informasi dan Teknologi atau Madilog, memiliki tugas pokok mengelola data dan informasi dalam sistem yang terpadu serta menciptakan media informasi yang kreatif. Berkaitan dengan tugas tersebut, maka program kerja yang dilaksanakan oleh Divisi Madilog pada kepengurusan kali ini adalah Pembuatan Majalah Internal CITIZEN, Website HMP dan Pusat Informasi. Divisi Madilog pada kepengurusan kali ini dikepalai oleh Marsa Nur Aulianisa bersama dengan wakilnya, Pramadya Fazriandi R.
  • Badan Kesekretariatan dan Dinamisasi bertugas untuk mengatur inventarisasi, penyediaaan, dan pemeliharaan sarana fisik serta dinamisasi sekretariat HMP. Program kerja dari Badan Kesekretariatan dan Dinamisasi ialah Sekrenewal. Pada kepengurusan ini, kepala dari Beranda adalah Annisa Hasna R.

Bidang Keuangan

Bidang Keuangan dikepalai oleh Maudina Wilwatikta. Bertujuan untuk menjadi pusat pengelolaan sumber keuangan yang transparan, akuntabel, terintegrasi, antisipatif dan berkelanjutan demi tercukupinya sumber daya keuangan.

Bidang Keuangan terdiri dari Divisi Kebendaharaan dan Badan Usaha Milik Himpunan.

  • Divisi Kebendaharaan dikepalai oleh Erviana Ayu Faridah. Divisi ini bertugas untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran keuangan HMP.
  • Badan Usaha Milik Himpunan atau BUMH, bertugas untuk memenuhi sebagian kebutuhan keuangan HMP dengan transparan, akuntabel, terintegrasi dan antisipatif. BUMH dikepalai oleh Aisyah Nailah R., bersama dengan wakilnya Tiara Budi Yuliyatin. Program kerja dari BUMH sendiri terdiri dari Planostore, Jasa Himpunan, serta Pengadaan Jahim.

Bidang Internal

Bidang Internal dikepalai oleh Bernardus Andre. Bidang Internal memiliki tugas pokok untuk membangun ruang interaksi yang nyaman dan menyenangkan dengan menjadi inisiator pemenuhan advokasi dan kebutuhan akademik; aktualisasi keterampilan, minat dan bakat; serta mengakrabkan antaranggota dengan menumbuhkan sense of belonging.

Bidang Internal terdiri dari Divisi Kekeluargaan, Divisi Keterampilan serta Divisi Akademik dan Kesejahteraan.

  • Divisi Kekeluargaan bertujuan untuk menginisasi dan memfasilitasi pembentukan momen kebersamaan serta memelihara
    suasana menyenangkan dan rasa kekeluargaan warga. Dikepalai oleh Khairana Tiardi bersama dengan wakil, Grace, Divisi Kekeluargaan memiliki program kerja Syukuran Wisuda dan Maroon Day.
  • Divisi Keterampilan atau Terikat dikepalai oleh Shafiera Syumais bersama dengan wakil, Pingkan Safitri, bertugas untuk menyediakan sarana pengembangan keterampilan serta memberi wadah eksposisi diri atas
    keterampilan yang dimiliki anggota HMP PL ITB melalui program kerja Aksi Penyaluran Keterampilan (SILUET) dan Kejuaraan Olahraga (KEJORA).
  • Divisi Akademik dan Kesejahteraan atau Aksara bertujuan untuk menyediakan pelayanan advokasi serta pendampingan dan pemenuhan kebutuhan dasar akademik anggota. Divisi Aksara yang dikepalai oleh Aida Rizky bersama dengan wakil, Rizki Rayani memiliki program kerja Advokasi dan Informasi, Apresiasi Akademik, Seminar KP dan TA, Seminar KK dan Pasca-sarjana, serta Bank Materi.

Bidang Keilmuan

Bidang Keilmuan dikepalai oleh Dina Oktavia. Bidang Keilmuan memiliki tujuan kerka untuk mengembangkan kapasitas dan semangat berkarta warga HMP terkait keilmuan dan keprofesian planologi.

Bdang Keilmuan terdiri dari Divisi Keprofesian dan Divisi Kajian Riset dan Inovasi.

  • Divisi Keprofesian dikepalai oleh Alya Sabrina Aliski bersama dengan wakil, M. Rifki Adrian. Divisi ini bertugas untuk memperkenalkan keprofesian planologi dan diseminasi keilmuan planologi kepada warga HMP dan masyarakat serta mengembangkan kapasitas warga HMP dalam bidang keprofesian planologi. Program kerja dari divisi ini adalah Meet the Planner, Software Course dan Urban Talkshow.
  • Divisi Karya, Riset dan Inovasi  atau Karinov bertujuan untuk mengembangkan wawasan warga HMP terkait topik-topik keplanologian serta mewujudnyatakannya dalam berbagai bentuk karya berbasis keilmuan planologi secara produktif. Divisi Karinov yang dikepalai oleh M. Ihsanuddin bersama dengan wakil, Khonsa Indana Z., memiliki program kerja Kajian Riset, Seminar Riset dan Inovasi, serta Riset "The Planners".

Bidang Eksternal

Bidang Eksternal dikepalai oleh Carlos Nemesis. Bidang ini bertujuan untuk menjadikan HMP yang mengemuka, mengerti, dan memberi manfaat kepada masyarakat.

Bidang Eksternal terdiri dari Divisi Intrakampus, Divisi Ekstrakampus dan Alumni, Divisi Kajian Strategis dan Divisi Sosial Masyarakat.

  • Divisi Intrakampus dikepalai oleh Halimah Hannah bersama dengan wakil, Patricia Romasi. Divisi ini memiliki tugas sebagai mediator dalam membangun dan menjaga relasi antara HMP dengan pihak dan lembaga lain di dalam kampus ITB, serta perantara informasi antara HMP dengan lembaga dalam kampus. Program Kerja dari divisi ini adalah Maroon Day dan Hai Prodi.
  • Divisi Ekstrakampus dan Alumni bertugas untuk membangun relasi dan menjadi mediator antara HMP dengan lembaga di luarkampus ITB serta pertukaran informasi dari HMP ke lembaga luar kampus dan luar kampus ke HMP. Divisi ini dikepalai oleh Putu Indah bersama dengan wakil, Fakhrisya Ayutia. Program kerja dari divisi ini adalah Visitasi Universitas dan Alumni Sharing Session.
  • Divisi Kajian Strategis memiliki tugas pokok untuk menciptakan iklim diskusi serta meningkatkan kepekaan, wawasan kebangsaan, dan daya kritis anggota terhadap isu yang ada di masyarakat. Divisi yang dikepalai oleh Yulida Rachmawati bersama dengan wakil, Saghita Desiyana ini memiliki program kerja Kajian Bersama (KABARET), dan Ngabandungan Bangsa.
  • Divisi Sosial Masyarakat dikepalai oleh Zahara Sitta bersama dengan wakil, Sisilia Vidia. Divisi ini bertugas untuk memfasilitasi Anggota Biasa HMP untuk meningkatkan kepekaan dan keterlibatan anggota biasa HMP dalam berkegiatan disertai dengan aksi yang bermanfaat kepada masyarakat. Program kerja dari divisi ini adalah Festival Kampung Maroon.

Biro PMSDA

Biro PMSDA dikepalai oleh Sita Primadevi, terdiri dari Divisi Kaderisasi dan Divisi Manajemen Sumber Daya Anggota.

  • Divisi Kaderisasi yang dikepalai oleh Rifa Dyanda bersama dengan wakil, Gregoria Junita memiliki tugas pokok untuk bertanggung jawab atas perumusan/ pengonsepan,penyelenggaran dan pengawasan terhadap pengembangan anggota melalui kaderisasi formal. Program kerja yang dijalankan oleh divisi ini adalah MPAB dan Short Escape for HMP.
  • Divisi Manajemen Sumber Daya Anggota atau MSDA dikepalai oleh Khaza Allaya Rizqika.