Software Course

Salah satu fungsi yang dimiliki oleh Divisi Keprofesian antara lain adalah untuk mengembangkan kemampuan atau skill warga. Pengembangan skill ini diharapkan nantinya dapat memberikan nilai tambah bagi masing-masing individu serta berguna dalam praktik dunia kerja. Pengembangan skill diwujudkan dalam peningkatan kemampuan penggunaan software berkaitan dengan keilmuan keplanologian, yang dilaksanakan dalam sebuah program kerja bernama “Software Course”.

Pemilihan software yang dilaksanakan dalam Software Course ditetapkan berdasarkan minat dan kebutuhan warga, serta disesuaikan dengan software yang dianggap dapat meningkatkan kapasitas warga dalam menganalisis dan mengolah data. Dalam kepengurusan HMP Dekat 2018/2019, sudah dilaksanakan Software Course sebanyak tiga kali, yakni pada tanggal 26 September, 11 Oktober, dan 24 Oktober 2018, bertempat di Labscan PWK ITB. Software yang dipelajari antara lain Sketch-Up yang dilaksanakan pada dua kali pertemuan dan ATLAS TI yang dilaksanakan pada sekali pertemuan.

Pelaksanaan Software Course dianggap penting karena warga bisa belajar menggunakan software yang tidak diajarkan dalam perkuliahan, sedangkan warga perlu untuk menguasi software tersebut dalam memudahkan pemahaman analisis dan olah data. Trainer atau pelatih Software Course merupakan orang-orang yang cakap serta familiar dalam penggunaan software terkait. Selama satu pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 90-120 menit, diharapkan warga bisa mengenal dan terpantik dalam mempelajari software tersebut lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *