SEMESTA 2018

Penyusunan tugas akhir merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB. Begitu pun dengan kerja praktek yang wajib ditempuh dan umumnya dilakukan saat libur semester 6. Berkaitan dengan kedua hal tersebut, pada 17 November 2018 divisi adkeswa melaksanakan salah satu prokernya yaitu SEMESTA (Seminar Kerja Praktek dan Tugas Akhir) di RSG Gedung PWK. Tujuan dari proker yang diketuai oleh Nur Aini Rachmawati (HMP16007) adalah memberikan informasi dan berbagi pengalaman terkait kerja praktek serta penyusunan tugas akhir untuk warga yang akan menempuh kedua hal tersebut. Pada acara ini dihadirkan tiga pembicara untuk berbagi pengalaman seputar penyusunan tugas akhir dan tiga pembicara untuk berbagi pengalaman kerja praktek.

Sesi pertama terkait penyusunan tugas akhir diisi oleh Ihsanuddin K, Rana Triardi, dan Bernardus Andre. Ketiganya merupakan alumni PWK angkatan 2014. Masing-masing pembicara memiliki karakteristik tugas akhir yang berbeda yaitu  tugas akhir yang berkaitan dengan masa kerja praktek, terlibat dalam proyek dosen, maupun yang tidak terkait masa kerja praktek ataupun proyek dosen.

Sesi kedua mengenai pengalaman kerja praktek, diisi oleh 4 warga HMP angkatan 2015 yaitu Catherina Tya, Hasna Mutia Sadewo, M. Rifki Adrian, dan Shofi Azkarifa. Keempatnya melakukan kerja praktek pada jenis instansi berbeda yaitu konsultan, developer, lembaga riset, dan instansi pemerintah. Pada setiap akhir sesi dilakukan tanya jawab yang berlangsung sekitar 30 menit. Para peserta yang terdiri dari warga tingkat 3 dan 4 tampak antusias saat sesi tanya jawab berlangsung.

Acara ini berakhir setelah 3,5 jam berlangsung. Di akhir acara dilakukan pembagian doorprize bagi 6 orang tercepat yang mengisi kritik dan saran untuk acara ini di tautan berikut bit.ly/SEMESTA2018. Panitia juga mengumpulkan materi pembicara yang dapat diakses pada bit.ly/MateriSEMESTA2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *