TEBAS DOSA 2.0
Tebar Sayang Donor Ganesha

TEBAS DOSA 2.0 (Tebar Sayang Donor Ganesha) merupakan serangkaian kegiatan kolaborasi pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh divisi sosial kemasyarakatan himpunan tenggara mahasiswa ITB yang diselenggarakan HMP bersama HMTL, IMA-G, dan IMG. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya membantu insan akademis ITB untuk dapat peduli dengan kepentingan orang lain dengan membantu sesama dan berbagi kebahagiaan bersama . Rangkaian kegiatan TEBAS DOSA 2.0 terdiri atas pre-event dengan tema “1001 Mimpi Untuk YKAKI” dan main-event donor darah yang dilakukan dalam lingkungan kampus ITB.

Rangkaian kegiatan Pre-Event dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) yang beralamat di Jalan Taman Curie No. 23, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung pada 27 Oktober. YKAKI merupakan rumah singgah bagi adik-adik penderita kanker serta YKAKI turut membantu dalam pengobatan dan perawatan serta perihal kebutuhan pendidikannya. Pre-event yang bertemakan “1001 Mimpi Untuk YKAKI” bertujuan untuk menebar mimpi dengan memberikan kasih, memotivasi, dan menyemangati anak-anak Yayasan Kasih Kanker Indonesia dalam meraih mimpi kedepannya, mengajak adik-adik bimbingan YKAKI untuk mempunyai mimpi dengan memperkenalkan berbagai macam profesi yang ada. Acara ini dikemas dalam bentuk permainan-permainan sederhana dan berbagi cerita inspiratif, storytelling dengan menggunakan boneka tangan, games menuliskan profesi, dan menuliskan cita-cita pada pohon harapan serta bernyanyi bersama.

Kegiatan Tebas Dosa ditutup dengan acara puncak yaitu melakukan donor darah yang terbuka untuk umum dan seluruh civitas akademik di lingkungan kampus ITB Ganesha. Main-event Tebas Dosa dilaksanakan pada 1 November di Selasar Timur Labtek V ITB. Keberlangsungan donor darah dibantu oleh PMI Kota Bandung dengan adanya kerjasama dengan KSR ITB. Melalui serangkaian kegiatan Tebas Dosa ini daharapkan dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap keadaaan sosial di sekitar kita, membantu sesama tidak hanya bisa dilakukan secara materil tetapi juga bisa secara moril dengan berbagi keceriaan, memberikan motivasi, serta memberikan semangat juang bagi orang-orang disekitar kita. Begitu juga halnya dengan mendonorkan darah, dapat meningkatkan kesehatan bagi pendonornya dan memberikan kesehatan serta kesembuhan bagi penerimanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *