Sekilas Aksara
Rekam Jejak divisi Akademik dan Kesejahteraan Anggota 2016/2017

Ada dua gelaran besar dari divisi Akademik dan Kesejahteraan Anggota pada kepemimpinan BP Yukk 2016/2017. Dua gelaran itu adalah Spasial dan Malam Apresiasi (Mapres).

Gelaran pertama, Spasial, dilaksanakan pada 7 dan 8 Oktober 2016. Walaupun sekilas Spasial sedikit mirip dengan apa yang BP Hebat lakukan saat menggelar Festival Akademik tahun lalu, ada sedikit inovasi yang dilakukan oleh Aida Rizky Fitriana sebagai penanggung jawab acara. Ia menitikberatkan acara ini dengan membawa mata acara seperti seminar tugas akhir, kerja praktik, pengenalan kelompok keahlian, serta masuknya mata acara "baru" yaitu pembahasan beasiswa LPDP. Gelaran pun digelar pada dua hari, berbeda dengan Festival Akademik yang digelar hanya sehari.

Hari pertama Spasial dilaksanakan di ruangan serbaguna lantai 6 Labtek IXA. Dua mata acara yang dibawa saat itu adalah seminar kelompok keahlian dan seminar Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Gelaran dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan menghadirkan enam dosen yang terlibat di enam kelompok keahlian dalam program studi Perencanaan Wilayah dan Kota.

Di hari kedua, pembahasan beralih ke masalah penyusunan tugas akhir dan pengenalan mata kuliah kerja praktik beserta pengalamannya. Dua mata acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu di ruang asisten lantai 2 gedung PWK. Seminar hari itu diawali dengan penampilan khusus Bapak Ridwan Sutriadi yang memberi wejangan untuk puluhan peserta seminar untuk memantapkan pilihan tugas akhir dan kerja praktik, lengkap dan eksklusif dengan membawa tiga dari empat anak beliau ke dalam ruangan. Narasumber yang dihadirkan antara lain Kak Dhimas, Kak Yustina, dan Kak Vian. Tidak hanya bercerita mengenai apa yang harus dilakukan saat menyelesaikan tugas akhir, sesi tersebut juga dibebaskan dengan aneka trik saat mentok menyelesaikan tugas akhir tersebut.

Sorotan juga didapat pada mata acara penjelasan kerja praktik. Awalnya, Kak Ganing Putri menjelaskan bahwa mengurus izin kerja praktik butuh usaha ekstra dengan rajin-rajin silaturahmi ke tata usaha dan institusi tujuan. Selain itu, sesi tersebut juga menghadirkan narasumber yang pernah merasakan kerja praktik di aneka tempat, seperti pemerintahan, institusi nternasional, studio, dan semacamnya.

Di lain acara, Aksara juga menghadirkan apresiasi khusus untuk 14 mahasiswa HMP Pangripta Loka ITB angkatan 2013 hingga 2015 yang telah berusaha menjadi yang terbaik dari sisi akademik perkuliahan bertajuk Malam Apresisasi (Mapres). Penganugerahan dilaksanakan di sela-sela Pesta Akhir Tahun BP Yukk pada 16 Desember 2016. Sebagai tanda jadi, keempat belas peraih prestasi akademik terbaik diganjar hadiah kenang-kenangan cantik. Semoga hal ini memacu anggota biasa lainnya untuk terpacu menjadi yang terbaik dari sisi akademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *