Lentera Maroon II

Masyarakat desa merupakan masyarakat yang homogen dimana masyarakatnya hidup dalam kebersamaan, kegotong royongan, keramahtamahan, dan lain sebagainya. Karakteristik tersebut merupakan suatu modal yang penting bagi pembangunan masyarakat di desa. Kondisi tersebut berbeda dengan kehidupan di perkotaan dimana masyarakatnya hidup dengan karakteristik yang heterogen.

Mahsiswa yang notabenenya tinggal di perkotaan maka akan sangat jarang untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat desa. Mahasiswa sebagai penggerak perubahan perlu untuk terjun ke masyarakat khususnya masyarakat desa untuk melakukan pengabdian masyarakat. Dengan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa maka diharapkan mahasiswa dapat turut serta untuk membantu mencari solusi terhadap permasalahan yang tengah dihadapi oleh masyarakat. Oleh karena itu maka dirasa perlu bagi mahasiswa Planologi ITB khususnya warga HMP untuk dapat terjun langsung ke masyarakat, khususnya masyarakat di Kampung Cibintinu, Desa Arjasari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Disamping membantu masyarakat Kampung Cibintinu untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi, warga HMP juga memperkenalkan keilmuan Planologi kepada anak-anak Kampung Cibintinu melalui Planning By Children, karena hal penataan ruang masih sangat eksklusif bagi anak-anak padahal mereka juga dapat dilibatkan dalam proses perencanaan tata ruang.

Lentera Maroon II merupakan kegiatan pengabdian masyarakat di desa yang dilaksanakan untuk kedua kalinya karena pada saat kepengurusan sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Lentera Maroon yang pertama. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi anggota HMP PL ITB agar dapat berinteraksi dengan masyarakat desa secara langsung selama 3 hari 2 malam. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk menumbuhkan kepekaan dan kepedulian di dalam diri anggota HMP PL ITB terhadap kondisi masyarakat desa sehingga diharapkan mereka dapat melakukan pergerakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di desa yaitu Kampung Cibintinu, Desa Arjasari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

Selama 3 hari 2 malam, warga HMP dibagi ke dalam sejumlah kelompok-kelompok dan tinggal di rumah masyarakat desa serta mengikuti kegiatan masyrakat desa di masing-masing rumah yang ditinggalinya tersebut. Di dalam kegiatan ini anggota HMP PL ITB juga melakukan pemetaan sosial masyarakat Kampung Arjasari agar nantinya dapat dihasilkan data yang berguna untuk pengabdian masyarakat pada waktu mendatang serta juga dapat bermanfaat bagi aparat pemerintahan desa setempat dalam pembangunan desa. Selain itu, dalam kegiatan Lentera Maroon II ini anggota HMP PL ITB juga berdiskusi dengan masyarakat Kampung Arjasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *